Menu

Menyambut malam pergantian Tahun Baru 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang akan menerjunkan sebanyak 40 personel

Menyambut malam pergantian Tahun Baru 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang akan menerjunkan sebanyak 40 personel dalam rangka meminimalisasi terjadinya kecelakaan dan kemacetan kendaraan. Satlantas juga akan melakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di tiga titik jalan utama Kota Tanjunpinang di malam pergantian tahun yang jatuh pada Minggu 31 Desember 2017.

Ada beberapa lokasi rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan. Pertama di pintu masuk Rimba Jaya, Kecamatan Tanjungpinang Barat, kendaraan roda dua maupun roda empat akan diberlakukan jalan satu arah, petugas juga akan menyediakan dua kantong parkir di Rimba Jaya. Untuk keluar dari sana kendaraan akan dialihkan menggunakan gerbang Hotel Rimba Jaya, belok kiri, menuju gudang minyak, dan Gang Meranti

 

Kedua, rekayasa jalan di Tepi Laut. Petugas akan menutup jalan di depan Gedung Daerah dan Simpang Anjung Cahaya Tepi Laut. Jika terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke Jalan Hang Tuah akan diberlakukan jalan satu arah. Kantong parkir yang disediakan di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang serta parkir lahan Mak Den. Untuk keluar dari Tepi Laut, pengendara diarahkan naik Jalan Sudirman dan belok kiri.

Ketiga, rekayasa lalu lintas di Jalan Merdeka, pengendara tidak diperbolehkan melewati jalan di depan Mapolsek Tanjunpinang Kota dan akan diarahkan melewati Jalan Teuku Umar. Arus lalu lintas yang berada di Jalan Ketapang tidak diperbolehkan melewati Jalan Merdeka dan akan diarahkan melewati Jalan Gambir.

“Rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus di beberapa titik kemacetan yang akan terjadi di malam pergantian tahun untuk menghindari terjadinya kemacetan serta meminimalisasi kecelakaan menjelang tahun baru,” ujar Kasatlantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Yowa Ramadhani di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (29/12/2017).

Ia menyampaikan, rekayasa lalu lintas dilakukan dalam mengantisipasi kemacetan serta kecelakaan pada tahun baru nanti. Berdasarkan analisis dan evaluasi pelaksanaan rekayasan pergantian Tahun Baru 2017 ada dua titik konsentrasi masyarakat di Tepi Laut dan Rimba Jaya.

“Supaya tidak terjadi penyempitan kendaraan, kita akan memberlakukan para pengemudi, baik roda dua maupun empat untuk jalan satu arah,” ujar dia.

Lebih lanjut, ungkapnya, petugas di lapangan akan melakukan keputusan atau tindakan (diskresi) kepolisian dengan membuka maupun menutup arus lalu lintas. Untuk anggota Satlantas akan diturunkan sebanyak 40 personel, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yang dimiliki.

Satlantas juga akan diperbantukan personel Unit Sabhara, Intel, Reskrim, dan ditambah polsek-polsek di bawah jajaran Polres Tanjungpinang.

“Petugas kita di lapangan akan melakukan diskresi sesuai perkembangan di lapangan untuk menghindari penumpukan arus lalu lintas,” ucap dia.

Dalam malam pergantian tahun baru ini polisi mengajak seluruh warga Tanjungpinang yang ingin merayakannya agar tetap memperhatikan keselamatan berkendara. Diharapkan nantinya tidak ada kendala-kendala yang dihadapi petugas demi kelancaran dan ketertiban perayaan yang akan dilaksanakan masyarakat.

“Kita berupaya meminimalisasi terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang dihadapi nantinya,” tutup Krisna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *